Penyebab Kepala Pusing yang Jarang Disadari

Woman suffering headache outdoor in the street

Pexels.com

Pusing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai sensasi, seperti perasaan pingsan, pusing, lemah atau tidak stabil. Pusing yang menciptakan perasaan salah bahwa Anda atau lingkungan Anda berputar atau bergerak disebut vertigo. Pusing adalah salah satu alasan paling umum orang dewasa mengunjungi dokter. Mantra yang sering pusing atau pusing yang terus-menerus dapat memengaruhi hidup Anda secara signifikan. Tapi pusing jarang menandakan kondisi yang mengancam jiwa.

Penyebab Kepala Pusing

Penyebab umum pusing termasuk migrain, obat-obatan, dan alkohol. Ini juga bisa disebabkan oleh masalah di telinga bagian dalam, di mana keseimbangan diatur. Pusing juga sering merupakan hasil dari vertigo. Penyebab paling umum dari vertigo dan pusing terkait vertigo adalah vertigo posisi jinak (BPV). Ini menyebabkan pusing jangka pendek ketika seseorang mengubah posisi dengan cepat, seperti duduk di tempat tidur setelah berbaring.

Pusing dan vertigo juga bisa dipicu oleh penyakit Meniere. Ini menyebabkan cairan menumpuk di telinga dengan kepenuhan telinga yang terkait, gangguan pendengaran, dan tinitus. Penyebab lain yang mungkin untuk pusing dan vertigo adalah neuroma akustik. Ini adalah tumor non-kanker yang terbentuk di saraf yang menghubungkan telinga bagian dalam ke otak.

Beberapa kemungkinan penyebab pusing lainnya adalah :

Bagian dalam telinga

Telinga bagian dalam dan keseimbangan

Pusing memiliki banyak kemungkinan penyebab, termasuk gangguan telinga bagian dalam, mabuk perjalanan dan efek pengobatan. Kadang-kadang itu disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya, seperti sirkulasi yang buruk, infeksi atau cedera.

Cara pusing membuat Anda merasa dan pemicu Anda memberikan petunjuk untuk kemungkinan penyebabnya. Berapa lama rasa pusing itu bertahan dan gejala-gejala lain yang Anda miliki juga membantu menentukan penyebabnya.

penurunan tekanan darah secara tiba-tiba

penyakit otot jantung

penurunan volume darah

gangguan kecemasan

anemia (zat besi rendah)

hipoglikemia (gula darah rendah)

infeksi telinga

dehidrasi

stroke panas

latihan yang berlebihan

mabuk

Dalam kasus yang jarang terjadi, pusing dapat disebabkan oleh multiple sclerosis, stroke, tumor ganas, atau gangguan otak lainnya.

Gejala pusing

Orang yang mengalami pusing mungkin merasakan berbagai sensasi, termasuk:

pusing atau merasa pingsan

rasa salah berputar

kegoyangan

kehilangan keseimbangan

perasaan mengambang atau berenang

Terkadang, pusing disertai mual, muntah, atau pingsan. Cari bantuan medis darurat jika Anda memiliki gejala-gejala ini untuk waktu yang lama.

Masalah telinga bagian dalam yang menyebabkan pusing (vertigo)

Perasaan keseimbangan Anda bergantung pada input gabungan dari berbagai bagian sistem sensor Anda. Ini termasuk:

Mata, yang membantu Anda menentukan di mana tubuh Anda berada di ruang dan bagaimana itu bergerak

Saraf sensorik, yang mengirim pesan ke otak Anda tentang gerakan dan posisi tubuh

Telinga bagian dalam, yang menampung sensor yang membantu mendeteksi gravitasi dan gerakan maju-mundur

Vertigo adalah perasaan salah bahwa lingkungan Anda berputar atau bergerak. Dengan gangguan telinga bagian dalam, otak Anda menerima sinyal dari telinga bagian dalam yang tidak konsisten dengan apa yang diterima oleh mata dan saraf sensorik Anda. Vertigo adalah hasil otak Anda bekerja untuk memilah kebingungan.

Vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV). Kondisi ini menyebabkan perasaan intens dan singkat tetapi salah bahwa Anda berputar atau bergerak. Episode-episode ini dipicu oleh perubahan cepat dalam gerakan kepala, seperti ketika Anda membalikkan badan di tempat tidur, duduk atau mengalami pukulan ke kepala. BPPV adalah penyebab vertigo yang paling umum.

Infeksi. Infeksi virus pada saraf vestibular, yang disebut neuritis vestibular, dapat menyebabkan vertigo yang intens dan konstan. Jika Anda juga mengalami kehilangan pendengaran mendadak, Anda mungkin menderita labirinitis.

Penyakit Meniere. Penyakit ini melibatkan penumpukan cairan yang berlebihan di telinga bagian dalam Anda. Ini ditandai dengan episode vertigo mendadak yang berlangsung selama beberapa jam. Anda juga mungkin mengalami kehilangan pendengaran yang berfluktuasi, dering di telinga dan perasaan telinga yang terhubung.

Migrain. Orang yang mengalami migrain mungkin mengalami episode vertigo atau jenis pusing lainnya bahkan ketika mereka tidak mengalami sakit kepala parah. Episode vertigo seperti itu dapat berlangsung beberapa menit hingga berjam-jam dan dapat dikaitkan dengan sakit kepala serta sensitivitas cahaya dan kebisingan.

Penyebab lain pusing

Kondisi neurologis. Beberapa gangguan neurologis – seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis – dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan secara progresif.

Obat-obatan Pusing bisa menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu – seperti obat anti-kejang, antidepresan, obat penenang dan obat penenang. Secara khusus, obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan pingsan jika mereka menurunkan tekanan darah Anda terlalu banyak.

Gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan tertentu dapat menyebabkan sakit kepala ringan atau perasaan pusing yang sering disebut sebagai pusing. Ini termasuk serangan panik dan ketakutan meninggalkan rumah atau berada di ruang terbuka yang luas (agorafobia).

Kadar besi rendah (anemia). Tanda dan gejala lain yang mungkin terjadi bersamaan dengan pusing jika Anda menderita anemia termasuk kelelahan, kelemahan, dan kulit pucat.

Gula darah rendah (hipoglikemia). Kondisi ini umumnya terjadi pada diabetisi yang menggunakan insulin. Pusing (lightheadedness) dapat disertai dengan berkeringat dan cemas.

Terlalu panas dan dehidrasi. Jika Anda aktif dalam cuaca panas atau jika Anda tidak minum cukup cairan, Anda mungkin merasa pusing karena terlalu panas (hipertermia) atau karena dehidrasi. Ini terutama benar jika Anda minum obat jantung tertentu.

Sumber :

www.healthline.com

www.mayoclinic.org 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>